Search This Blog

20 March 2016

Cara Melatih Anak Untuk Shalat


Shalat adalah kewajiban bagi moslem yang sudah aqil baligh baik laki maupun perempuan. Shalat wajib ada 5 waktu... Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya'.

* Sudah.
** Loh, sudah? Itu aja?
* Mau lagi?
** Masak cuma segitu?
* Oke, lanjut deh. Crewet

Dalam hal shalat ini disarankan (bahasa lebih tepatnya diwajibkan) melatih si anak agar bisa mengenal tata cara shalat, wudlu, bacaan shalat, gerakan shalat dsb. Cuma ya itu, kadang si anak (saya ngomongin anak usia 5 tahun kebawah lo ya, bukan yang sudah tuwek) agak agak sulit diajak shalat. Walaupun si orang tua (Saya dong maksudnya. YESS, Pencitraan) sudah mencontohkan di depan anak berulang-ulang (shalat kok berulang-ulang?) tetep aja si anak males kuadrat.
Iya, iya, nurun dari bapaknya. Sudah, yang ini jangan dibahas.

Terus gimana kalau sampai si anak gak mau atau males malesan shalat? Kalau sudah umur 7 tahun kalau tidak shalat dibolehkan dipukul, tapi bagaimana mungkiiin, membentak aja aku yang nangis?

Akhirnya dengan semangat membara, khas anak muda ibukota saya googling. Tathtaa... Gak nemu juga. Asyem, masak gak ada yang ngalamin masalah kek saya gini? Argghh... Bangke bener.

Aku coba lagi dan lagi, tetep kagak ada artikel ngebahas hal ini. Eh, waktu lihat kolom "Keyword" baru tahu kalau aku ngetik "Cara Membuat Anak Mau Makan". Jasiik tenan.

Aku ketik lagi dan pastikan bahwa keyword yang aku ketik benar, aku nanya ke istri. Eh, istri malah bilang kalau " Gila Jangan Nularin Orang".
Coba kalian yang sudah punya istri, dijawab kek gitu ngerasa bijimane? Yanpa babibu langsung kupegang tangan istriku, lalu kedekatkan badanku dan kucium bibirnya. Emmmhh, habis itu kukatakan dengan jelas "I Love You".

Selesai pekerjaan mensyahwatkan dengan istri, aku meneruskan pekerjaan yang belum selesai terkait NGAJARin anak biar mau shalat.
Yess, dapat juga akhirnya. Ada juga yang ngrasain masalah kek aku gini. Bersyukur aku, di dunia ini aku tak sendiri. Banyak juga bapak bapak yang punya anak sulit menjalankan shalat.

Bukan, bukan aku mau jadi bapak yang baik di mata anak, cuma yang aku takutkan nanti si anak tahu kalau aku juga kek gitu, kan berabe. Masak bapak ganteng kayak aku gak shalat. Malu sama kucing. Apalagi nanti bisa masuk neraka, ketemu ama kamu lagi. WEGAAH, gak mau.

Akhirnya, dengan memahami artikel tadi dengan kapasitas otakku yang gak seberapa aku bisa juga membuat anakku mau shalat. Yieeeeee, horrreeee. Gak jadi ketemu kamu di neraka.... Oiya, salam buat temen temen kamu ya. Yang sabar aja, karna orang sabar di sayang Tuhan. Yaah, siapa tahu karna sabar dan disayang Tuhan akhirnya kamu kamu bisa migrasi ke Surga kan?

Ketika aku berangkat kerja, anakku bilang mau shalat. Coba bayangkan, gimana rasanya hatiku? Mak tratap, seer. Sueneng banget to.

Bentar, bentar. Aku berangkat kerja itu jam 7, terus anakku mau shalat apa? Ternyata shalat "Pokoknya Shalat". La rakaatnya? Rakaatnya kalau pas seneng ya 4 rakaat, kalau masih males dikorting jadi 2 rakaat.

Ya wes lah Le, pokonya kamu shalat dulu lah. Bacaannya Naik-naik Ke Puncak Gunung juga gapapa lah. Yang penting mau shalat, Pakmu ini sudah sueneng banget. Semoga Allah memaafkan Pakmu dan memberimu Ilmu Manfaat. Semoga Kanjeng Rasul Muhammad tetap menganggap kita menjadi Ummatnya. Aamiin


No comments:

Post a Comment