Search This Blog

15 August 2017

Menyiasati tombol homescreen smartphone yang ngadat atau rusak

Ini kejadian yang saya alami sendiri. Jadi ndak cuma mata kepala, tangan dan kaki pun ikut menyaksikan.

Kalau langsung to the point kok ndak enak. Saya kasih awal dulu ya. Kayak foreplay gitu. Biar ndak tembak langsung. Rasanya kurang nendang soalnya.

Bisa dibilang saat ini Smartphone adalah perangkat telefon yang betuknya tutulan alias touchscreen. Ada juga sih yang masih pakai keyboard qwerty semisal Blackberry (hallo, apa kabarmu?) Atau juga Vertu (masuk kategori smartphone apa gak ya) yang harganya naudzubillah itu. Tapi keumumannya adalah touchscreen.

Kalau mau dikerucutkan lagi, smartphone itupun sudah jarang memakai tombol fisik di layarnya. Kalaupun ada paling hanya tombol "home".

Permasalahan timbul apabila tombol tersebut (home, back, recent) gangguan. Kalau layarnya yang gangguan mungkin masih dapat dikalibrasi (artikel bertebaran di jagat maya). Atau kalau memang sudah tidak responsif bisa jadi kinerja smartphone yang mulai lemot karena banyak aplikasi yang membutuhkan prosesor besar dan berkinerja cepat atau memang gangguan di layarnya. Kalau masalah pertama ya mau gak mau harus ganti smartphone dengan jeroan yang gahaaarr. Kalau masalah yang kedua masih dapat dilakukan servis penggantian layar.

Apabila masalah di seputar layar seperti yang saya alami sekarang adalah layar utama (non tombol non fisik di home screen) masih bisa dipakai dengan lancar dan tidak ada masalah lag/hang namun tombol homescreen itu yang tidak bisa dipakai.

Karena saya ndak mau dibilang gaptek, maka saya googling lah. Ketemu penyebab masalah ini timbul. Bisa karena ada kerusakan di hardware, bug di software, aplikasi yang tidak kompatibel dan juga masalah charger.

Saya uninstall lah semua aplikasi yang menurut saya meragukan karena hape saya juga dipakai nge-game anak maka game nya saya hapus semua. Setelah saya hapus aplikasi, saya restart hape dulu. Voilaaaa. Akhirnya tetep aja ndak bisa.

Saya garuk-garuk kepala yang ndak gatal dulu, biar kayak orang stres. Saya sruput kopi, hidupin rokok, lalu mulai googling lagi. Ketemu lagi satu jalan keluar. Saya coba hapus cookie (bukan coki-coki) di hape. Saya hapus semuanya lalu restart lagi. Voilaa, akhirnya... Masih belum bisa juga. Arrgghhh.

Saya coba buka facebook dulu. Bukan, bukan nyari jalan keluar di facebook. Saya posting di facebook kayak orang alay dengan status "hapeku ndak bisa kak. Pucing beud". Sebenarnya ingin juga polower-polowerku tanya lalu ada yang bisa ngasih solusi. Ternyata meleset jauh. Malah koment paling banyak bilang "syukurin". Ncuk banget ndak itu.

Ternyata bener kata Lik Min, "kalau curhat itu ke tuhan jangan ke facebook, percuma." Akhirnya saya temui arti dari Lik Min itu.

Okelah, biar hape saya cepet bisa karena ini hape kesayangan. Iyalah, sayang kalau rusak, belum bisa beli lagi.

Saya googling lagi. Eh, baterai sudah tinggal dikit. Agar nyaman saat berselancar, saya colokkan charger ori ke hape. Sempet hang sebentar, ladalah. Apa-apaan lagi ini, sudah error, nge hang lagi. Du nangis banget waktu itu. Tapi ternyata cuma sebentar aja. Habis itu hape sudah bisa saya gunakan lagi beserta tombol homescreen nya.

Saya mbatin. Ini hape apa kena sambet gitu ya. Habis dicoblos langsung keluar. Keluar permasalahannya.
Karena penasaran, saya cabut chargernya, saya colokin lagi, saya cabut lagi, saya colokin lagi agar segera keluar. Iya, keluar permasalahannya.

Ternyata setelah saya cabut masih bisa. Tapi ndak berlangsung lama. Akhirnya kumat lagi. Kasihan deh aku.

Akhirnya dengan memantapkan diri, saya colok lagi tu charger ke hape lalu berselancar lagi tapi saya sudah mempunyai ketetapan hati bahwa saya harus mencari jalan keluar sementara sebelum saya mempunyai jalan keluar yang pasti alias dijual dan beli lagi.

Saya ingat kalau di play store banyak aplikasi yang bisa membantu kehidupan sehari-hari.

Akhirnya saya temukan aplikasi yang lumayan membantu kebengisan hapeku yang menyakiti hatiku.

Saya dapat aplikasi yang sepertinya sangat berguna bagi teman-teman yang merasakan hal yang sama denganku. Tapi ndak sampai lebay kayak saya gini sih.

Ini aplikasinya (skrinsutnya saja yah. Aplikasinya cari di play store sendiri).

Back Button

Easy Touch (Peluncur Bantu)



Semoga bermanfaat yes

No comments:

Post a Comment