Search This Blog

23 October 2016

Khasiat Minum Kopi Hitam



Minum secangkir kopi hitam yang panas beserta camilannya disajikan saat hujan turun alangkah enaknya. Mau pahit, atau manis tetaplah enak.
Sebenarnya gak harus pas hujan turun sih, cuma biar analoginya tambah syahdu. Ah, Fak.

Banyak penelitian tentang manfaat maupun keburukan kopi. Karena saya termasuk penikmat kopi, maka artikel ini khusus memuat manfaat minum kopi.

Tanaman kopi awalnya hanya ada di Benua Afrika. Saat awal ditemukannya tidak sengaja saat penggembala kambing heram, eh, heran. Heran karena kambing-kambingnya mempunyai jangka waktu mata melek lebih lama dari biasanya. Mereka (kok mereka sih, kambing-kambing maksudnya) masih pecicilan matanya. Padahal sudah waktunya memejamkan mata sejenak untuk dapat menghadapi kenyataan esok hari. Eh.

Si penggembala mencari alasan atas itu semua. Dia melakukan investigasi mendalam. Akhirnya ditemukanlah kalau kambing-kambing itu melek lebih lama karena memakan sejenis biji mirip beri. Karena penasaran apakah biji tersebut juga berefek terhadap manusia, maka si penggembala tersebut melakukan riset. Dengan harapan apabila bisa berefek kepada manusia maka akan digunakannya sebagai sajian saat malam perenungan atas nasibnya. Aargghh. Fak.

Kenapa bisa tersebar sampai ke eropa, amerika dan asia (khususnya Indonesia dengan kopi luwak dan kopi ijennya yang terkenal)?
Jadi gini mblo. Awalnya seperti aku sampaikan diatas, hingga akhirnya sampai ke tanah arab dan banyak dikonsumsi oleh umat muslim sebagai minuman pendamping saat ibadah malam hari. Dari sini biji kopi menyebar ke belahan dunia lain sampai akhirnya ada di toples rumah anda.

Proses pembuatan kopi sebenarnya secara garis besar haluan negara (GBHN) sama. Dari biji kopi yang sudah matang, lantas dikeringkan, apabila sudah kering di sangrai lalu ditumbuk menjadi bubuk kopi. Bisa juga dicampur dengan bahan-bahan lain sesuai selera pembuatnya. Bubuk kopi inilah yang akan digunakan menjadi minuman kopi.

Saat ini banyak dijual bubuk kopi yang audah menjadi sachet (biasanya pabrikan) atau bubuk kopi rumahan dimana pengepakannya (kadang) ala kadarnya tapi tetap menjunjung tinggi asas kualitas adalah yang UTAMA. Ciee.

Sudah tahu kan alur proses pembuatan biji kopi menjadi bubuk kopi dan tinggal menakar bubuk kopi ditambah gula untuk menjadi teman kesendirianmu?

Sekarang aku sampaikan manfaat, khasiat minum kopi
1. Menyegarkan suasana pagi hari.
Kopi panas apabila diminum saat pagi hari akan membuat segar badan dan mata melolok, sehingga ngantuk sementara tamasya. Tapi kudu sarapan dulu yah.
2. Mengakrabkan pertemanan.
Kopi saat ini tidak hanya dipakai saat malama hari atau pagi hari menjelang beraktifitas. Saat ini sudah bisa dinikmati kapan saja. Baik sendirian (ini kan kamu mblo), bareng teman, sodara, klien atau hanya santai-santai saja.
3. Menguatkan jantung.
Aku agak lupa artikelnya. Intinya sih apabila tiap hari kita minum 1-3 gelas kopi hitam maka jantung dan hati kita akan sehat. Semoga saja yah. Aku peminum kopi hitam juga soalnya.
4. Senantiasa bersyukur.
Khusus kopi hitam yang pahit, apabila kamu meminumnya, rasakan kepahitam hidupmu gak ada seberapanya dibandingkan rasa kopi hitam mu itu. FAAAAAKKKKK.....
5. Minum kopi itu mengurangi salah paham.
Nah, ini yang seenggaknya paling penting menurutku. Minum kopi hitam bisa mengurangi salah paham. Gimana dasarnya pokoknya kalau aku habisinum kopi pikiran bisa relax, tenang. Jadi ostosmastis mengurangi resiko salah paham. Tul gak mblo?

Itu beberapa khasiat minum kopi. Kalau kurang tambahkan di komentar. Kalau aku berkenan tak tambahkan di artikel.

Sobat Indonesia yang SUPERR. Sudahkan anda minum Yakult Hari Ini??

No comments:

Post a Comment