Search This Blog

05 June 2016

Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan bagi seluruh umat Islam di Dunia dalam arti harfiah merupakan bulan dimana kita dibatasi dalam hal makan dan minum dari terbitnya Fajar (Subuh) sampai tenggelamnya matahari (Magrib).

Dalam arti yang lebih spesifik Ramadhan adalah bulan dimana kita menahan, menekan hawa nafsu kita kepada hal-hal negatif (tidak hanya makan dan minum) dan memperbanyak hal-hal positif. Baik melalui ritual keagamaan pribadi atau ritual bermasyarakat. Karena di bulan ini kebaikan dilipatgandakan sampai 10x.

Sehingga diharapkan apabila sudah mentas bulan ramadhan (iedul fitri/hari kemenangan) kita kembali kedalam rutinitas sebelum ramadhan menjadi insan yang lebih baik. Lebih memahami orang lain, lebih toleran, lebih sabar, lebih ikhlas dan lebih giat dalam bekerja atau belajar. Karena di bulan ini tidak hanya ibadah yang dilipatgandakan, "tidur orang puasapun ibadah".

Kenapa? Karena tidur lebih baik daripada bergunjing keburukan, aib orang lain. Tapi apakah di bulan ini kita harus tidur melolo? Ya jangan to. Wong tisur aja ibadah apalagi dipakai untuk ibadah. Ya dahsyat hasilnya.

Saya bukan guru atau ahli dalam bidang keagamaan, saya cuma mau mengucapkan selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan tahun 1437 H. Semoga di bulan ini kita disibukkan oleh ibadah guna mendekatkan diri kepada sang Khaliq. Bukan malah disibukkan oleh rencana Sweeping.

No comments:

Post a Comment