Search This Blog

11 June 2016

Hasil Berpuasa

Hasil Berpuasa

Seyogyanya, umat muslim di Bulan Ramadhan ini tidak hanya menahan nafsu dalam hal makan, minum dan seks. Tapi seharusnya lebih banyak dari itu, hal penting yang dapat digali saat bulan Ramadhan yang berkah ini.

+ Sabar
Di bulan ini seharusnya umat muslim dapat lebih sabar. Dimana Sabar ini terlukis saat kita menahan untuk dapat berbuka saat menunggu adzan maghrib berkumandang. Oleh karena itu orang yang berpuasa harus menambah sabar dalam setiap sendi kehidupannya.

+ Ikhlas
Umat islam diminta untuk ikhlas menahan lapar, haus dan seks selama berpuasa. Hal itu dapat dilakukan saat sudah berbuka. Ikhlas ini juga bermakna universal. Bisa menjadi ikhlas dengan ketetapan dari Tuhannya atau ikhlas atas hasil kerja keras kita.

+ Toleransi
Puasa adalah kewajiban bagi umat islam yang beriman. Tapi bukan kewajiban bagi orang non muslim untuk juga menahan lapar seharian seperti kita. Pun juga umat islam yang memang diperbolehkan tidak berpuasa, semisal orang sakit. Jadi kalaupun ada orang lain yang makan minum di saat siang hari jangan mencela mereka.

+ Disiplin
Puasa seharusnya membuat orang menjadi disiplin. Di dalam puasa kita harus mengikuti ketentuan yang diharuskan, harus tepat waktu. Kita tidak boleh sahur melebihi adzan subuh atau berbuka sebelum adzan maghrib. Jadi setelah bulan ini sih orang islam harus menjadi orang yang disiplin, tepat waktu. Contoh, janji dengan teman atau klien jam 8 ya maksimal jam 8 kurang 5 menit sudah stand by.
Atau saat lampu merah berhenti dan saat lampu belum menunjukkan warna hijau janganlah membunyikan klakson seakan-akan ada panggilan gawat darurat dari Tuhan.

+ Saling Berbagi
Di dalam sebuah hadist disebutkan bahwa memberi makan orang berpuasa pahalanya sama dengan puasa itu sendiri, tanpa mengurangi pahala dari yang memberi. Betapa hebatnya.

+ Mengurangi Menebar Aib
Katanya tidur di bulan puasa termasuk ibadah. Tapi apa harus tidur terus di bulan puasa? Tidak. Hal itu adalah untuk mengurangi kita berbuat jelek di bulan puasa. Daripada bergunjing mending kita berbuat baik. Kalau tetep sulit mending tidur. Makanya tidurnya orang puasa adalah ibadah.

+ Ikut Merasa Kesulitan Orang Lain
Di bulan puasa kita diwajibkan menahan makan, minum sampai adzan maghrib. Hal yang bisa dipelajarai dari menahan lapar ini kita juga harus bisa sedikit merasakan atas penderitaan sodara-sodara kita yang tidak mampu. Dimana untuk makan saja sangatlah sulit. Dianjurkan setelah kita bisa merasa maka kita dapat berbagi kepada sesama. Maka di akhir bulan puasa kita diwajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah. Menurut aku ini salah satunya untuk semangat memberi dan berbagi kepada sesama. Agar dapat merasakan kenikmatan lebaran.

Itu hanya sedikit hal baik diluar hanya menahan makan, minum dan seks saat bulan Ramadhan. Hal itu tidaklah tepat atau sesuai dengan apa yang disampaikan oleh ustadz-ustadz yang lebih pinter. Itu hanya olah pikir dari manusia yang masih saja gemar misuh. Mau ikut monggo, gak ya monggo. Yang penting angkat gelasmu, gelas Kopi Hitammu.
TAKE BEER

No comments:

Post a Comment