Search This Blog

11 June 2016

Selamat Jalan Muhammad Ali

Legenda Tinju Muhammad Ali sudah dimakamkan pada hari Jum'at waktu Amerika dengan dihadiri oleh banyak kalangan. Tidak hanya dari umat Islam, tetapi juga Umat beragama lainnya. Mereka menganggap Ali yang sebelum menjadi Muallaf bernama Cassius Clay adalah tokoh Universal. Tidak hanya di dunia Tinju dengan "Mulut Besar"nya, tetapi juga tindak tanduknya dalam membela hak kaum yang lemah atau teraniaya.

Dia berani menentang perintah dari negaranya untuk berangkat perang ke Vietnam karena bagi dia hal itu tidak patut dilakukan. Masih banyak penindasan terhadap hak-hak dasar manusia khususnya dari golongan Kulit Hitam di Amerika yang berkoar sebagai Mbahnya Demokrasi. Sampai-sampai Gelar Juaranya dicabut.

Apakah dicabut gelar juara membuat Ali terbungkam? Tidak. Dia masih melakukan pembelaan-pembelaan terhadap kaumnya maupun manusia pada umumnya di seantero jagat.

Masih banyak hal menarik lain dari sosok Muhammad Ali, seorang petarung, pemenang yang masuk kedunia Tinju hanya karena sepedanya dicuri.

Selamat jalan Muhammad Ali, InsyaAllah Khusnul Khotimah. Allah dan Rasul yang kau cintai menunggumu dengan Cinta.

Lahul Fatihah....

No comments:

Post a Comment